Berbagi Cerita Lewat Tulisan

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Sabtu, 14 September 2024, Sinar Mas Land kembali mengadakan Digital Creator Gathering di BSD City dengan mengundang rekan-rekan konten kreator dan blogger yang tinggal di kawasan BSD City dan sekitarnya. Gathering yang dihadiri oleh 30 konten kreator dan blogger, dilengkapi juga dengan acara presentasi dari 4 narasumber yang sangat informatif dan inspiratif sebagai berikut:


Presentasi tentang “Reducing Carbon Emission through Green Initiative Program in BSD City” oleh: Sessario Bayu Mangkara selaku Green Initiative Department Head dari Sinar Mas Land.

Presentasi dari Pak Bayu membuka tabir kenyataan tentang banyaknya dampak akibat emisi karbon, salah satunya terhadap industri properti. Oleh karena itu Sinar Mas Land menerapkan 8 aspek dalam keberlanjutan lingkungan di setiap proyek-proyeknya sesuai dengan visi dari Sinar Mas Land yaitu melakukan Pengembangan dengan Memelihara Keseimbangan Sosial, Lingkungan, dan Profit Perusahaan. 8 aspek yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

1. Pengembangan Bangunan Hijau (Green Building)

Merupakan peningkatan pembangunan yang berkelanjutan dengan mengedepankan konsep "Green" pada pengembangan proyek di BSD City. Dengan menerapkan Green Building dalam proyek yang dikelolanya, Sinar Mas Land menjadikan BSD City sebagai Kota Hijau di Indonesia. Adapun beberapa tindakan yang dilakukan dalam pengembangan bangunan hijau tersebut adalah:

  • Microclimate Optimization - Orientasi bangunan terhadap posisi cahaya matahari masuk, arah masuk angin, dll.
  • Integrated Passive & Active Design - Mengoptimalkan jumlah cahaya dan angin yang masuk ke dalam rumah.
  • Green Operation & Maintenance - Memonitor dan melakukan audit terhadap pengoperasian energi tersebut.

2. Energy Efficiency & Water Conservation

Merupakan pengelolaan efisiensi energi dan air melalui sistem monitoring secara berkala seperti pada Building Management System dan Sustainability Report System.

3. Green Material

Penggunaan material ramah lingkungan yang tersertifikasi. BSD City sejak tahun 2023 sudah 28,66% proyeknya menggunakan material ramah lingkungan.

4 & 5. Towards Low Carbon Development & Renewable Energy

Melakukan upaya Low Carbon untuk mencapai Net Zero, seperti penggunaan Panel Surya pada Atap Bangunan, Panel Surya pada Penerangan Jalan Umum, dan Renewable Energy Certificate (REC).

6. Green Habit

Sinar Mas Land berupaya mengedukasi pembentukan perilaku ramah lingkungan seperti mengurangi emisi karbon kendaraan, mengurangi penggunaan kertas berlebih, mengurangi pemborosan air, penggunaan plastik yang bertanggungjawab, memilah sampah berdasarkan jenisnya, memanfaatkan cahaya alami matahari untuk menghemat energi,dan lain-lain.

7. Green Mobility 

Menciptakan infastruktur transportasi publik yang terintegrasi dan ramah lingkungan, antara lain: Intermoda Cisauk Station, Bus Electric tanpa biaya pada rute dalam Kawasan BSD City, dan EV Charging Station di AEON BSD dan The Breeze.

8. Waste Management 

Pengelolaan sampah secara bertanggungjawab melalui konsep Reduce Waste to Landfill dan  Pengelolaan sampah menjadi Aspal Plastik.


pembicara digital creator gathering bsd

Workshop Search Engine Optimize (SEO)  oleh: Jesslyn Marvella – Website Chanel Specialist Sinar Mas Land

Selanjutnya pada sesi kedua Jesslyn memaparkan secara lengkap dan jelas mengenai Search Engine Optimize. Search Engine Optimize (SEO) merupakan teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang relevan.

Ada beberapa manfaat dari SEO yang disampaikan oleh Jesslyn, antara lain:

  • Management biaya yang lebih baik, lebih murah karena organik.
  • Menarik pembaca-pembaca lokal
  • Meningkatkan kredibilitas suatu brand
  • Membangun kesadaran akan suatu brand
  • Membuat website menjadi mobile friendly
  • SEO adalah strategi marketing jangka panjang
  • Meningkatkan pengikut di sosial media
  • Meningkatkan kecepatan website
  • Memaksimalkan pengalaman pengguna
  • Sumber yang baik dalam mendapatkan calon pembaca
  • Meningkatkan persentase percakapan.


Jesslyn pun membagikan informasi tentang cara kerja dari SEO, yaitu CRAWLING (Menggunakan bot untuk menjelajahi seluruh website di internet), INDEXING (Data yang dikumpulkan selama proses crawling akan disimpan dalam database raksasa mesin pencari), dan RANKING (Penilaian halaman yang sudah diindeks untuk memilah mana yang akan tampil di posisi teratas.

Dari cara kerja tersebut, kita dapat mengoptimasi SEO dengan 3 cara seperti On Page SEO, Off Page SEO, dan Technical SEO.


Workshop “How To Make Your Video Stand Out On Social Media“ oleh: Winarso Nugroho - Creative Head Sinar Mas Land & Vibrie VB - Mom Creator

Yang terakhir namun tidak kalah penting, Winarso Nugroho yang akrab disapa Kak Nunu memaparkan kenyataan bahwa penggunaan sosial media di era sekarang sudah mengalami perubahan, orang-orang lebih suka melihat konten berbentuk video.

Informasi dari Kak Nunu dilengkapi oleh Mom Vibrie sebagai Mom Creator, yang dimulai dengan perbedaan algoritma Instagram dan Tiktok, dimana algoritma instagram berdasarkan interaksi sosial sementara Tiktok berdasarkan view.

Secara garis besar Mom Vibrie membagikan 4 tips untuk membuat konten di instagram, seperti:
• Kenali audiens follower kita (demografi, minat dan hobi, serta masalah dan kebutuhannya)
• Temukan winning content yang memikat para pengikut kita
• Penyusunan content yang menarik (informatif dan menghibur)
• Kenali karakter platform

makan siang unik di digital creator gathering bsd city

Setelah penyampaian materi dan workshop dari para pembicara, sambil menunggu penilaian dari panitia untuk kontes foto feed on the spot, para peserta dipersilakan untuk menyantap makan siang yang unik, karena packagingnya memakai rantang sambil beramah tamah satu sama lain.


peserta digital creator gathering bsd

Dan acara pun ditutup dengan pengumuman 3 pemenang kontes foto feed instagram serta foto seluruh peserta Digital Creator Gathering BSD City. Bagi para peserta yang belum menang tetap medapatkan tanda kasih berupa goodie bag dari Sinar Mas Land dong.

Terima kasih Sinar Mas Land atas acaranya yang padat informasi dan padat ilmu. See you next event!

No comments:

Post a Comment

Yuk berbagi cerita kalian disini

Bottom Ad [Post Page]